Tips Presentasi yang Baik dan Memukau

November 17, 2016

Tips Presentasi Yang Baik dan Memukau

Tips Presentasi Yang Baik dan Memukau - Presentasi hari ini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Tidak hanya orang kantoran dan mahasiswa bahkan siswa SMA-pun juga sudah membutuhkan presentasi. Ini merupakan tanda bahwa presentasi akan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan karir seseorang.

Faktanya selama ini sering terjadi kesalahan pengucapan kata "presentasi". Sebagian besar orang menyebut presentasi dengan persentasi (per-sen-tasi) ataupun persentase. Padahal kedua kata ini sebenarnya memiliki makna yang sangat berbeda.

PREsentasi berarti “hadir atau menghadirkan", sedangkan PERsentasi atau PERsentasi artinya Per Seratus (%).

Kalau ada kalimat "Silahkan PREsentasi-kan Data Anda". Ini artinya kita diminta untuk menampilkan data atau kalimat lainnya "Silahkan Tampilkan Data Anda"

Sedangkan kalau "Silahkan PERsentasi-kan Data Anda" berarti :
"Silahkan Mem-(%)-kan data anda" atau "Silahkan Buat Data Anda Dalam Persen (%)". Misalkan kita punya data pembeli produk 100 orang. 75% (Persent) adalah perempuan dan 25% (PERsen) Laki-laki. Berarti kita mendapatkan PERsentase pembeli produk kita.

Nah dari penjelasan diatas kita sudah tau donk kalau kata yang benar adalah Presentasi (Pre- Sen-Tasi) bukan persentasi.So, mulai sekarang mari kita gunakan kata presentasi.

Rasanya cukup mengenai penulisan Presentasi ya. Kita lanjutkan ke inti materi, yaitu Tips Presentasi.

Setiap orang selalu ingin menampilkan presentasi yang maksimal. Bukan hanya sebuah presentasi yang baik, tapi presentasi yang juga memukau audiens yang intensif.

Namun semua itu tidaklah semudah membalikkan telapak kaki. Eh salah... maksud saya telapak tangan). Dibutuhkan persiapan, kerja keras dan latihan.

Ternyata dalam melalukan sebuah presentasi (baik di depan bos, manajer ataupun dosen kamu) ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan presentasi ini.Sayangnya tidak semua orang mengetahui hal ini, tapi kamu bukanlah salah satunya karena kamu memutuskan untuk mencari tau cara melakukan presentasi yang baik.

Nah pada kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa TIPS PRESENTASI YANG BAIK, BENAR, BAGUS dan juga MEMUKAU yang bisa kamu manfaatkan. Selamat Membaca.

DESAIN SLIDE

Desain Slide Presentasi yang Memukau
Slide merupakan instrumen yang sering digunakan dalam presentasi. Penggunaan slide ini sangat membantu bagi kita para Presenter.

Hah? Presenter?
Yups... Kamu sekarang adalah seorang presenter.
Sebenarnya presenter tidak hanya sebutan untuk pembawa acara di TV saja. Tapi presenter memiliki makna yang sangat luas.
Sederhananya Presenter adalah orang yang menyajikan suatu materi kepada audiens. Itulah artinya present, menyajikan atau memaparkan.

Untuk menampilkan presentasi yang baik dan memukau, Desain Slide adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Desain dan Struktur slide tersebut harus dibuat sebaik mungkin.

Gimana sih desain slide presentasi yang baik itu?

Jawabannya ada di ujung langit... Eh salah, Maksud saya jawabannya ada 3. NYAMAN DILIHAT – SIMPEL – MUDAH DIPAHAMI.

Yups... benar sekali. Sebuah slide presentasi yang baik itu harus Nyaman/Enak Dilihat dan juga Simpel.

#1. Slide Presentasi Nyaman Dilihat

Sebuah slide presentasi harus nyaman dilihat oleh para audiens. Kenyamanan ini sangat menentukan tingkat kefokusan audiens untuk mendengarkan dan melihat presentasi.

Bila audiens tidak nyaman melihat slide presentasi otomatis ia akan mengalihkan perhatiannya kepada hal-hal lain. Seperti melihat ke luar ruangan kuliah atau ruangan rapat, main-main handphone, menulis-nulis di kertas dan aktifitas lainnya.

Kalau sudah begini, bicara sampai sampai mulut berbusa-pun, materi kita tidak akan masuk ke dalam otak dan hati audiens. Ujung-ujungnya presentasi tidak akan berhasil (Apalagi memukau... Sepertinya nggak mungkin).

Jadi buatlah desain slide yang nyaman untuk dilihat oleh audiens.

#2. Slide Presentasi Simpel

Slide presentasi yang baik seharusnya “Simpel”.
Bukan berarti tidak boleh memberikan hiasan atau ornamen lainnya, tapi berikan hiasan secukupnya tanpa mengurangi atau menghalangi poin-poin materi yang dipresentasikan.

Begitu juga poin dan materi yang dituliskan, usahakan dibuat se-sederhana mungkin (Simple). Jangan memuat kata-kata yang terlalu banyak di dalam satu halaman slide - Apalagi sampai jadi paragraf.

Ingat... Bila slide sudah penuh dengan kata-kata (dan terlihat seperti paragraf MS.Word) maka perhatian audiens akan hilang. Audiens tidak akan mau membaca paragraf yang panjangnya minta ampun di slide yang kamu buat.

Mungkin audiens akan ngejek kamu “Itu PowerPoin apa MS.Word?”
Ada istilah “Simple is Better”, hmmm... saya rasa istilah ini sangat tepat untuk poin yang satu ini.

Oke... Jadi intinya Kamu Buat Desain Slide yang Simple aja ya.

#3. Mudah Dipahami

Paham, adalah tujuan dari presentasi yang kita lakukan. Kita ingin audiens tidak hanya mendengarkan kita berbicara, tapi mereka juga paham dengan apa yang kita bicarakan.

Salah satu cara agar slide mudah dipahami adalah dengan membuat slide yang struktural atau terstruktur. Jelas mana bagian item dan mana bagian sub-itemnya. Termasuk juga deskripsinya harus terstruktur.

Contohnya kita akan mempresentasikan tentang orang-orang yang pernah memimpin perusahaan. Materi ini sebaiknya disajikan terstruktur berdasarkan waktu. Ini contohnya
  • 1998 : Bakri Abas
  • 2000 : Yet Marni
  • 2006 : Joko
  • 2010 : Fauzan Malik
  • 2016 : Bambang Suryo
Dengan begini kita ataupun audiens akan lebih mudah membayangkan dan memahami siapa saja orang yang pernah memimpin perusahaan tersebut. Selain itu juga mereka juga akan tau kapan periodenya.

Coba bayangkan kalau tahunnya tidak dibuat berurutan... Acak-acakan... seperti muka kamu (eh sorry sorry, bcanda bos). Kalau tidak berurutan pasti audiens bakal pusing ngikutin presentasi kita.

Selain berdasarkan waktu... Slide presentasi yang bisa juga dibuat berdasarkan lokasi, target, ataupun angka. Semua tergantung dengan jenis materi yang akan disampaikan. 

Saran saya : "hindari membuat slide presentasi yang tidak terstruktur. Karena akan membuat audiens PUSING. Terutama untuk sejarah dan riwayat".

PENAMPILAN

Pakaian Untuk Presentasi - Tips Presentasi
Sebagai orang yang memberikan presentasi secara tidak langsung kita telah menjadi orang yang diunggulkan oleh audiens kita. Mereka akan melihat dan juga mendengarkan kita saat berbicara di depan mereka.

Mau tidak mau mereka akan melihat bagaimana penampilan kita. Mulai dari gaya rambut, model baju, model celana, sepatu hingga jam tangan atau aksesoris lainnya. Semuanya berpeluang untuk diperhatikan.

Untuk itu kita harus berpenampilan sebaik mungkin. Gunakan pakaian yang nyaman dilihat tanpa menggunakan aksesoris yang berlebihan.

Pakaian Presentasi (Baju dan Celana Presentasi)

Kenakanlah baju dan celana yang sesuai dengan tema dan juga lokasi acara. Bila kita akan presentasi di kantor atau dalam ruangan rapat maka sebaiknya pakailah pakaian yang rapi dan bersih.

Untuk cowok Kemeja dan Celana Dasar (Celana Goyang) adalah pilihan yang sangat tepat. Tidak perlu menggunakan baju yang terlalu banyak motif (apalagi motif bunga-bunga). Ini sangat tidak cocok untuk pakaian presentasi di kantor.

Sedangkan untuk cewek bisa juga menggunakan kemeja dan celana. Tetap akan terlihat rapi dan juga memberikan aura disiplin. Sehingga bila kamu seorang yang presentasi dengan pakaian ini tetap akan menarik.

Keuntungan lainnya bagi kamu para cewek menggenakan rok juga bisa untuk presentasi. Ada model-model rok khusus yang bisa kamu pilih. Biasanya rok-rok formal yang biasa digunakan oleh orang kantoran tidak banyak motif. Ini sangat pas.

Aksesoris (Jam Tangan, Kalung dan Anting)

Tips Presentasi yang Memukau - Jam Tangan

Ada baiknya kita menggunakan jam tangan sebagai hiasan saat presentasi. Dengan menggunakan jam tangan kita akan terlihat lebih elegan dan berwibawa. Dengan begitu orang akan lebih menghargai kita berbicara di depan.

Silahkan gunakan jam tangan merek apa saja yang kamu suka. Asalkan pilihan warna dan bentuknya cocok dengan pakaian.

Di Eropa jam tangan merupakan simbol intelektual. Orang yang mengenakan jam tangan bisa dipastikan adalah orang yang disiplin dan tepat waktu. Orang yang intelek akan selalu menghargai waktu, sehingga ia akan sangat disiplin menjalani aktifitas sehari-hari.

Apalagi yang menggunakan jam tangan biasanya adalah golongan masyarakat menengah ke atas (orang kaya).

PENYAMPAIAN

Tips Presentasi - Gesture Body Language
 
Faktor inilah yang seringkali menjadi faktor “X” presentasi yang memukau. Cara penyampaian yang baik dan pada momen yang tepat adalah rahasia sebuah presentasi.
Banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya cara penyampaian seseorang dalam presentasi. Ada orang yang hanya berdiri saja saat presentasi, ada juga orang yang bergerak kesana kemari. Bahkan sesekali ia menghampiri dan menyapa audiensnya. Dengan lebih mobile saat presentasi kita akan terlihat lebih profesional.

Begitu juga dengan gerakan tangan, dalam presentasi gerakan tangan akan membatu audiens menjadi lebih cepat memahami perkataan kita. Seperti saat kita mengatakan “Ayo... Kita capai target bulan ini” sambil mengepalkan tangan. Audiens akan merasa sebuah energi yang membuat mereka tergerak. Mereka akan termotivasi dan tergugah oleh presentasi kita.

Ada lagi yang lainnya... Intonasi suara dan ekspresi wajah. juga memainkan peranan yang sangat penting. Tidak perlu ekspresi yang dibuat-buat atau berlebihan, tapi ekspresi yang sesuai. Bila ekspresinya terlalu berlebihan maka orang lain akan aneh melihat kita atau ilfil.

Kita mengatakan "Ayo... Kita capai target bulan ini" tapi ekspresinya malah datar saja. Tidak ada ekspresi senang ataupun sedih sedikitpun, tentu audiens akan berkata "ini orang sakit atau kenapa?". Karena mereka tidak tersentuh oleh ekspresi yang kita gunakan.

Secara keseluruhan ini adalah tentang Body Language. Bila body language kita tepat maka hasilnya juga akan hebat.

Demikianlah Tips Presentasi yang Baik dan Memukau ini. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya sampaikan, tapi karena tidak ingin kamu jadi bosen ya udah saya akhiri saja.

Goodluck ya untuk presentasinya nanti.

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images